Bakti Pemuda Foundation

Pada tahun 2020 Indonesia akan mencapai puncak populasi usia produktif, yaitu 70% atau 84 juta sebagian besar adalah mereka para milenial, milenial inilah yang akan menciptakan nilai ekonomi yang signifikan untuk Indonesia dan negara lainnya.

Generasi milenial akan menjadi angkatan kerja terbesar di Indonesia. Dari total jumlah angkatan kerja di Indonesia yang mencapai 160 juta, hampir 40% diantaranya tergolong milenial sebesar 62,5 juta, terbanyak kedua setelah generasi X yang mencapai 69 juta.

Seperti dua sisi mata uang, generasi milenial memiliki keunggulan dan kelemahan. Keungulan dari para milenial adalah mereka memiliki gagasan kreatif namun cenderung mudah menyerah. Istilah yang tepat dari milenial adalah generasi strawberry, dari luar tampak cerah dan mengesankan namun memiliki kelemahan dan rentan di dalamnya.

Bakti Pemuda Foundation sebagai lembaga sosial, pendidikan dan pemberdayaan ekonomi mengambil peran dalam memberikan solusi atas permasalah generasi milenial dengan program pemberdayaan ekonomi berkelanjutan melalui program Pemuda Bangun Desa.

 

Pemuda Bangun Desa adalah sebuah program pemberdayaan ekonomi berkelanjutan yang bertujuan memberikan dampak perubahan kepada pemuda-pemudi daerah melalui pembentukan komunitas pemuda daerah guna mewujudkan generasi muda yang mandiri dan inspiratif.

Tujuan utama pada 2019 ini, program pemuda bangun desa bertujuan membentuk 1000 pemuda mandiri dan inspiratif berbasis komunitas dan memfasilitasi komunitas pemuda melalui inkubasi bisnis, akses permodalan dan jejaring kemitraan.

Sasaran Program Pemuda Bangun Desa ini adalah peningkatan kuantitas dan kualitas pemuda daerah, peningkatan produktifitas dan kesejahteraan ekonomi komunitas, dan pengembangan pemasaran produk dan peningkatan kapasitas komunitas.

Tahapan implementasi program bangun desa dimulai dari pembentukan Komunitas Pemuda Bangun Desa, pendampingan usaha dan yang terakhir adalah pemberdayaan dan pengembangan usaha.