Bakti Pemuda Foundation

Sejarah

Berawal dari inisiasi sekelompok mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang memiliki kesamaan tujuan dan semangat untuk berbagi kebaikan kepada sesama. Mereka kemudian bersepakat untuk berkumpul dan mengadakan kegiatan sosial secara bersama-sama.

Ketika masa pendidikan di kampus telah berakhir, tercetuslah ide untuk mendirikan yayasan, tujuannya agar semangat dan kepedulian terhadap kegiatan sosial dan pendidikan tetap dapat diteruskan. Yayasan dipilih sebagai wadah untuk mengaktualisasikan nilai-nilai kepedulian dan semangat tersebut untuk bisa terus menebar kebaikan terhadap sesama. Selain itu, Yayasan juga merupakan payung hukum yang sah. Sehingga pengelolaannya dapat dilakukan secara terstruktur dan dapat dipertanggungjawabkan terutama kepada para donatur.

Sebagai wujud kongkritnya per tanggal 19 Agustus 2008, disepakatilah berdirinya Yayasan Bakti Pemuda Nusantara. Pengukuhannya berdasar akte pendirian notaris  No. 02 Tanggal 19 Agustus 2008, di hadapan Notaris Ny. Irnawati, S.H. berkedudukan di Jakarta.

Mimpi anak-anak Indonesia untuk mendapatkan pendidikan yang layak menjadi salah satu kunci semangat para pendiri dalam program beasiswa yang diberi nama Beasiswa CERDAS. Kata Cerdas sendiri merupakan singkatan dari Cekatan, Rajin dan Sehat. Harapannya, agar anak-anak yang mendapatkan beasiswa tumbuh menjadi anak-anak yang cekatan, rajin dan sehat.

Dalam perjalanannya Bakti Pemuda Foundation selain bergerak di bidang pendidikan, juga bergerak dibidang keagamaan, salah satu kegiatan khusus yang diselenggarakan di bulan Ramadhan yaitu “Kolak Ramadhan” dan “QIBAS” untuk moment Idul Adha. Mulai tahun 2016, Bakti Pemuda Foundation juga meluncurkan program BERKAHKAN (Berbagi Sedekah Makan) yang diadakan setiap hari jum’at. Program tersebut berjalan secara reguler dan mendapatkan respon positif baik dari penerima bantuan maupun para donatur.

Adapun aspek bantuan yang semula hanya fokus kepada pendidikan dan keagamaan saja, maka mulai tahun 2019 ini, Bakti Pemuda Foundation telah merencanakan pengembangan program lainnya melalui aspek kesehatan, kemanusiaan serta pemberdayaan ekonomi.  Tujuannya agar Bakti Pemuda Foundation dapat memperluas tebaran kebaikannya dan terus memberikan sumbangsih nyata bagi Bangsa Indonesia.