Zakat Fitrah

Zakat Fitrah adalah salah satu jenis zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap Muslim yang mampu menjalankannya pada bulan Ramadan sebelum hari raya Idul Fitri. Zakat Fitrah berfungsi sebagai sarana membersihkan diri dari dosa dan kesalahan selama berpuasa serta sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap masyarakat yang membutuhkan.

Jumlah zakat fitrah yang harus dikeluarkan ditentukan berdasarkan jenis bahan makanan pokok yang umum dikonsumsi di wilayah setempat, misalnya beras, gandum, atau jagung. Setiap orang diwajibkan untuk mengeluarkan zakat fitrah untuk dirinya sendiri dan juga untuk setiap anggota keluarganya yang tanggungannya ada di bawah satu atap. Besaran zakat fitrah biasanya ditetapkan oleh badan amil zakat atau lembaga zakat yang berwenang di setiap negara atau wilayah.

Tujuan dari zakat fitrah adalah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, terutama untuk memastikan bahwa semua orang dapat merayakan hari raya Idul Fitri dengan cukup makanan dan kebahagiaan. Dengan memberikan zakat fitrah, umat Muslim diharapkan dapat berbagi kebahagiaan dan kasih sayang dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Copyright © 2022 Bakti Pemuda. All Rights Reserved